AnD@! Y@nG PeRt@M@ Ku Ub@H @D@L@H DIRIKU


Ketika aku masih muda dan bebas berkhayal
aku bermimpi
ingin mengubah dunia
Seiring dengan bertambahnya usia dan
kearifanku
kudapati bahwa
dunia tak kunjung berubah

Maka cita-cita
itu pun aku persempit
lalu kuputuskan untuk hanya mengubah negeriku
Namun
tampaknya
hasrat itupun tiada hasilnya

Ketika usiaku semakin
senja
dengan semangatku yang masih tersisa
Kuputuskan untuk mengubah
keluargaku
orang-orang yang paling dekat denganku
Tetapi
celakanya
mereka pun tak mau diubah

Dan kini
sementara aku
berbaring saat ajal menjelang
tiba-tiba kusadari

“ANDAIKAN YANG
PERTAMA-TAMA KUUBAH ADALAH DIRIKU”

Maka dengan menjadikan diriku sebagai
panutan
mungkin aku bisa mengubah keluargaku

Lalu berkat inspirasi dan
dorongan mereka
bisa jadi aku pun mampu
memperbaiki
negeriku

Kemudian siapa tahu
aku bahkan bisa
mengubah
DUNIA

(terukir di sebuah makam di Westminster
Abbey)

Satu Tanggapan

  1. itulah sulitnya merubah diri kita sendiri

Tinggalkan Balasan

