.::. GEMPA 8,8 SR – Korban Gempa Chili Capai 300 Orang .::.


Written by Redaksi Web
Monday, 01 March 2010 09:47

Sumber : http://www.harian-global.com/

Pemerintah Chili menyatakan lebih dari 300 orang tewas dalam gempa bumi hebat yang melanda bagian tengah negara tersebut hari Sabtu pagi waktu setempat.

Presiden Michelle Bachelet mengatakan dua juta orang terkena dampak gempa berkekuatan 8,8 pada skala Richter tersebut. Dalam pidato di televisi presiden mengatakan bencana alam ini menjadi cobaan bagi bangsa Chili.
“Kekuatan alam kembali menguji kemampuan kita untuk mengatasi cobaan ini. Kita akan berupaya sekuat tenaga memulihkan semua layanan penting di negara ini. Namun masih banyak hal yang harus dilakukan,” kata Presiden Bachelet. Presiden menyatakan enam kawasan di Chilisebagai bencana nasional.
Letak Chili di pertemuan lempeng Pasifik dan Amerika Selatan menyebabkan negara tersebut menjadi rawan gempa. Gempa terjadi pada pukul 06.34 GMT sekitar 115 km di timur laut kota Concepcion dan 325 km di barat daya ibukota Santiago dengan kedalaman 35 km. Jalan dan bangunan di banyak kawasan rusak, termasuk salah satu pabrik kimia di ibukota mengalami kebakaran. Listrik, air, dan telepon putus.


Napi Kabur

Ratusan napi di Chili memanfaatkan gempa bumi dahsyat akhir pekan lalu sebagai “kesempatan dalam kesempitan.” Saat banyak warga dicekam ketakutan akibat gempa, para napi justru menganggap bencana alam itu sebagai jalan instan menuju kebebasan.
Kepala polisi lembaga pemasyarakatan (LP) di Kota Chillan, Alejandro Jimenez, mengungkapkan bahwa 269 penghuni LP kabur beberapa saat setelah gempa berkekuatan 8,8 pada Skala Richter mengguncang kota itu Sabtu dini hari waktu setempat.
Dikutip dari laman surat kabar La Tercera dan juga dimuat di laman harian The Inquirer, Jimenez mengungkapkan bahwa mereka bisa kabur setelah tembok penjara roboh. Reruntuhan tembok itu melukai seorang sipir.
Pihak berwenang hingga Minggu dini hari WIB baru menangkap kembali 60-an napi. Sedangkan sekitar 600 napi yang masih di penjara dipindahkan ke suatu LP di kota Concepcion.  Sembari mengejar ratusan napi yang kabur, pihak berwenang di Cile juga masih sibuk mengevakuasi para korban yang terjebak dalam reruntuhan bangunan di sejumlah kota.


WNI Selamat

Kementerian Luar Negeri RI menyatakan, seluruh warga negara Indonesia yang bermukim di Chili, selamat dari bencana gempa dan berada dalam kondisi baik. Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah di Jakarta, Minggu mengatakan, berdasarkan laporan perwakilan RI di Chili pada pukul 06.00 WIB 181 orang warga negara Indonesia selamat dan berada dalam kondisi baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: